Berikut Ini Info Mengenai Kegiatan LAKUT I PC IPNU IPPNU Kab. Batang
LAKUT
PC. IPNU-IPPNU KABUPATEN BATANG 2015
A.
PESERTA
1. Peserta LAKUT
adalah utusan dari masing-masing PAC IPNU-IPPNU yang memenuhi
persyaratan formal.
2. Persyaratan formal
Calon Peserta LAKUT sebagaimana angka 1 adalah:
·
Peserta
wajib Membawa Surat Mandat/surat tugas dari Pimpinan Anak Cabang yang
bersangkutan saat registrasi.
·
Telah mengikuti jenjang kaderisasi formal Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) dan Pelatihan Kader Muda (LAKMUD) masing-masing dibuktikan dengan foto copy sertifikat kelulusan
(masing-masing satu lembar).
·
Membuat karya tulis sebagaimana ketentuan
yang ada.
·
Menyertakan data Daftar Riwayat Hidup ( CV ), meliputi Nama, alamat, tempat tanggal
lahir, jenis kelamin, pengalaman pendidikan formal (SD/SMP/SMA/Perguruan
Tinggi), pengalaman pendidikan non formal, pengalaman organisasi, pengalaman
kaderisasi.
·
Menyerahkan pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
·
Usia maksimal 23 Tahun (belum ulang tahun ke 24).
·
Berkomitmen tinggi untuk memenuhi
persyaratan yang diberikan, jika tidak
lengkiap wajib bersedia memenuhi kelengkapan persyaratan sebelum pengumuman
seleksi.
·
Peserta
menyerahkan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000 @ peserta meliputi (Makan,
snack, coffe break, ATK, Sertifikat, kaos dan foto kenangan).
·
Biaya
pendaftaran diserahkan jika peserta telah dinyatakan lulus screening oleh tim.
B.
PENDAFTARAN
1.
Pendaftaran
dibuka mulai hari ahad, 8 November 2015 pukul 07.00 WIB.
2.
Semua
persyaratan (sebagaimana huruf A point 2) dimasukkan ke dalam amplop besar
warna coklat.
3.
Pendaftaran
persyaratan administrasi (yang dimasukkan amplop besar) paling lambat hari
ahad, 13 november 2015 pukul 16.00 WIB.
4.
Persyaratan
berupa Karya Tulis dikirim via e-mail miq_max@yahoo.com paling
lambat hari ahad, 15 november 2015 pukul 16.00 WIB.
5.
Pendaftaran
berkas bisa diserahkan kepada:
·
Ifah Awalina Ulul Azmi, Khairul Ibad (meliputi PAC:
Gringsing, Banyuputih, Limpung, Tersono) HP: 089636247731, 085741853881.
·
Ainurrofik,
Dirokah (meliputi PAC: Bawang, Reban, Blado,
Pecalungan) HP: 085201994252, 085740121943.
·
Sholeh,
Nurul Hidayah, Siliana, (meliputi
PAC: Bandar, Wonotunggal, Warungasem) HP: 082326430123, 085869516160, 085879915450
·
Syarifuddin,
Isnaini Imaniah (meliputi PAC: Batang, Kandeman, Tulis,
Subah) HP: 082324210938, 085741865120.
6.
Pendaftaran
lebih dari waktu yang ditentukan maka dianggap gugur secara otomatis.
C.
KARYA TULIS
1.
Karya Tulis
berbentuk Paper adalah benar-benar karya pribadi yang dapat akan
dipertanggungjawabkan.
2.
Membuat dua macam Karya Tulis : Karya
Tulis Tema Wajib dan Karya Tulis Tema Pilihan.
3.
Karya Tulis Tema Wajib yang dimaksud
adalah mendiskripsikan tentang pengalaman pribadi penulis selama berkiprah di
IPNU terkait dengan :Peran serta di masyarakat secara luas,
Komitmen pribadi, Komitmen terhadap Organisasi, Konsep diri serta idealisme
diri dalam melakukan pengabdian terhadap masyarakat, Bangsa, negara pada
umumnya dan pada NU maupun IPNU pada khususnya. Sampai pada hal – hal yang menurut diri
pribadi merupakan suatu idealisme gerak namun karena banyak faktor belum bisa
terselesaikan.
4.
Karya Tulis Tema pilihan adalah dengan pilihan tema yang
terdiri dari tema:
a.
Kebangsaan/Sistem
ketatanegaraan,
b.
Ke-IPNU-Ian,Ke –
NU an,
c.
Pola Pengkaderan
IPNU,
d.
Geo Politik
ekonomi,
e.
serta
Permasalahan-permasalahan sosial lainnya.
(pilih tema di atas sesuai keinginan dan kemampuan)
5.
Paper minimal adalah terdiri dari 2 (dua) lembar kertas A-4 (kwarto) ditulis dengan karakter huruf 12, Font Arial
Narrow dengan spasi 1,5.
6.
Peserta wajib menyerahkan
berkas dan persayaratan formal sebagimana dalam ketentuan khusus yang
terbungkus rapi dalam amplop warna coklat secara
langsung kepada panitia atau melalui jasa Pos dan diterima panitia paling lambat dua minggu sebelum
pelaksanaan LAKUT.
7.
Panitia tidak menerima alasan
apapun selain ketentuan diatas berkenaan dengan komplain, ketidak sesuaian,
Kesulitan, hambatan , kelengkapan berkas dll.
D.
KETENTUAN SCRENING
1.
Kegiatan Screening
dilaksanakan 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan LAKUT, yakni:
Hari /
tanggal : Senin, 16 November 2015
Waktu :
13.00 WIB – 16.00 WIB
Tempat :
Aula MWC NU Limpung
2.
Hasil screening diumumkan sehari setelah pelaksanaan Screening yakni
pada hari selasa, 17 November 2015 ke PAC
IPNU – IPPNU masiang-masing dan ke
peserta yang lolos.
3.
Peserta screning datang di tempat
pelaksanaan pada waktu dan tempat yang ditentukan.
4.
Peserta screning mengisi
daftar hadir yang sudah disiapkan panitia.
5.
Peserta screning diuji oleh
tim screner berdasarkan nomor urut/undian/kehadiran.
E.
KELULUSAN PESERTA
1.
LAKUT adalah pengkaderan
formal tertinggi di IPNU-IPPNU sehingga
peserta yang berhak mengikuti adalah mereka yang benar-benar melalui seleksi
yang sangat selektif dan tanpa kompromi.
2.
Proses kelulusan peserta
dilakukan dengan penilaiaan oleh tim screner dengan mempertimbangkan aspek
persyaratan formal dan non formal.
3.
Persyaratan formal
sebagaimana angka 2 adalah persyaratan-persyaratan administrasi dan
penjenjangan sebagaimana ketentuan khusus dalam peraturan ini.
4.
Persyaratan non formal
sebagaimana angka 2 adalah kelayakan calon peserta pada saat screning yang
menyangkut kemampuan calon peserta LAKUT dalam menjawab dan menyampaikan
hal-hal yang diminta oleh tim screner.
5.
Ketentuan / ietem – item
penilaian pada persyaratan Non Formal tersebut di atas akan ditentukan lebih
lanjut oleh Tim SC LAKUT dan Tim Screener.
F.
PELAKSANAAN LAKUT
1.
LAKUT dilaksanakan pada hari/tanggal Jum’at-Aahad, 20-22 November 2015.
2.
Tempat pelaksanaan LAKUT adalah di Gedung MWC NU Kecamatan
Limpung.
3.
Peserta yang dinyatakan lulus
wajib datang di tempat pelaksanaan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
4.
Peserta dilarang terlambat hadir dengan alasan apapun.
5.
Peserta yang hadir terlambat sesuai dengan jadwal yang ditentukan
maka dianggap mengundurkan diri/gugur.
6.
Peserta membawa ATK serta
peralatan pribadi lainya.
7.
Peserta wajib mengikuti
kegiatan dengan komitmen tinggi dari awal hingga akhir dan dilarang ijin.
8.
Peserta berkomitmen tinggi
memenuhi persyaratan yang di berlakukan.
G.
PERATURAN PESERTA
1.
Selama kegiatan peserta wajib mengenakan ID Card (tanda pengenal)
yang disediakan oleh panitia.
2.
Saat acara pembukaan dan penutupan, peserta wajib mengenakan
pakaian dengan ketentuan sebagai berikut:
IPNU: peci Hitam, baju putih lengan panjang, celana
hitam (bukan sejenis Jeans), sepatu hitam.
IPPNU: Jilbab Hitam, Baju putih lengan panjang, Rok
hitam, sepatu hitam.
3.
Selama kegiatan, peserta wajib mengenakan peci hitam (IPNU),
mengenakan Rok (IPPNU) serta mengenakan pakaian yang rajin dan sopan.
4.
Selama kegiatan peserta dilarang mengenakan:
a.
Kaos
b.
Celana jenis Jeans
5.
Peserta dilarang membawa handphone (HP), kamera foto, dan alat
elektronik lainnya selama kegiatan (indoor) berlangsung.
6.
Alat-alat sebagaimana disebut pada point 5 (lima) dapat digunakan
selama di asrama.
7.
Peserta wajib bersedia mentaati peraturan yang telah disepakati.
H.
TEMA KEGIATAN
Kegiatan LAKUT ini diberi tema: ‘’Membangun Idealisme Kader
untuk Membuka Paradigma Kritis-Transormatif Sebagai Penerapan Nilai-nilai
Aswaja dalam Kehidupan Berbangsa dan Beragama.’’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar